Search

DPP PDI-P Didominasi Wajah Lama, Regenerasi Dikhawatirkan Mandek - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, menilai, apabila kepengurusan DPP PDI-P masih diisi oleh mayoritas orang lama, konsekuensinya, jenjang karier politisi daerah akan mandek.

”Seharusnya, kalaupun tidak ada regenerasi dalam pucuk pimpinan struktur partai, paling tidak ada penyegaran di struktur DPP-nya. Dengan ada penyegaran, maka akan ada sirkulasi elite di kepengurusan partai,” ujar Arya seperti dikutip dari Kompas.id

Ia berkomentar soal struktur pengurus DPP PDI-P periode 2019-2024 yang disusun Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI-P periode tersebut.

Pada penutupan Kongres V PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Sabtu (10/8/2019), Megawati melantik 26 kadernya sebagai pengurus DPP PDI-P.

 Baca juga: Wajah Lama yang Mendominasi, Menteri Jokowi hingga Anak Megawati...

Struktur kepengurusan tersebut didominasi wajah lama, contohnya posisi Sekretaris Jenderal yang kembali diisi Hasto Kristiyanto.

Kendati demikian, ada 6 nama baru dalam struktur DPP tersebut. Namun, mereka sebenarnya juga bukan sosok asing di internal PDI-P. 

Salah satu nama baru itu yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang ditunjuk sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan.

Menurut Arya, penunjukan Tri Rismaharini untuk masuk dalam struktur kepengurusan DPP PDI-P mengindikasikan kecenderungan untuk mengorbitkan orang yang sudah populer.

PDI-P, menurut dia, seharusnya memberikan kesempatan kepada orang-orang lain yang juga berprestasi.

”Harus ada regenerasi untuk penyegaran internal agar kebijakan dapat lebih inovatif. Ini dapat dilakukan melalui penunjukan orang-orang yang berprestasi di provinsi, daerah, atau DPP,” kata Arya.

Let's block ads! (Why?)


https://news.kompas.com/read/2019/08/11/20321501/dpp-pdi-p-didominasi-wajah-lama-regenerasi-dikhawatirkan-mandek

2019-08-11 13:32:00Z
52781750022102

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPP PDI-P Didominasi Wajah Lama, Regenerasi Dikhawatirkan Mandek - Kompas.com - Nasional Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.