Search

Enzo Allie Tetap di Akmil Berkat Tes Tambahan yang Melibatkan Eksternal - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan TNI untuk mempertahankan siswa taruna Akademi Militer ( Akmil) Enzo Zenz Allie didasarkan pada tes tambahan yang melibatkan pihak lain atau eksternal TNI.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjelaskan, tes tambahan kepada Enzo digelar tanggal 10 dan 11 Agustus 2019. Hasilnya keluar sehari kemudian.

"Kami menggunakan alat ukur yang digunakan pihak lain. Tetapi kami yakinkan tim ini merupakan tim yang sudah punya pengalaman dan sangat ilmiah," ujar Andika dalam konferensi pers di Kantor Mabes AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/8/2019).

Tidak dijelaskan pihak mana yang dilibatkan dalam tes tambahan atas Enzo tersebut.

Baca juga: BIN Minta Tudingan terhadap Taruna Akmil Enzo Allie Harus Obyektif

Namun, tes tambahan tidak hanya dialamatkan pada Enzo seorang, melainkan pada seluruh siswa Akmil yang jumlahnya 364 orang.

Andika memastikan alat ukur tes tambahan tersebut sudah teruji keakuratan dan validitasnya. Sebab, tes itu adalah hasil studi selama delapan tahun.

Tes tambahan pada Enzo itu pun menunjukkan, pemuda keturunan Perancis tersebut mendapatkan nilai 84 persen atau 5,9 dari poin maksimal 7 dalam hal indeks moderasi bernegara.

"Jadi tidak dilakukan oleh kami saja. Konklusi dari penilaian kami terhadap Enzo, ini (dari alat ukur pihak lain)," kata dia.

Baca juga: TNI AD Periksa Lebih Ilmiah Enzo untuk Cegah Paham Anti-Pancasila

Sosok Enzo di Akmil TNI pertama kali diketahui publik melalui akun Instagram @puspentni. Video yang diunggah di akun tersebut menggambarkan percakapan antara Enzo dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Uniknya, percakapan dilakukan dengan bahasa Perancis. Keduanya tampak fasih menggunakan bahasa Perancis dalam percakapannya.

Let's block ads! (Why?)


https://nasional.kompas.com/read/2019/08/13/16445581/enzo-allie-tetap-di-akmil-berkat-tes-tambahan-yang-melibatkan-eksternal

2019-08-13 09:44:00Z
52781752302783

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Enzo Allie Tetap di Akmil Berkat Tes Tambahan yang Melibatkan Eksternal - Nasional Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.