Search

Anies: Tanggul Kita Bukan Jebol, tapi Retak - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa tanggul milik DKI Jakarta bukan dalam keadaan jebol. Ia mengklaim bahwa tanggul tersebut hanya retak akibat banjir.

Diketahui, sejumlah tanggul terkikis oleh air saat banjir yang disebabkan hujan ekstrem di Tahun Baru.


"Bicara tanggul-tanggul tadi. Kan itu bukan jebol, tapi kan retak. Kemudian tanggul-tanggul yang bawahnya longsor, terkikis, erosi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/1)

Anies belum bisa merinci soal jumlah tanggul DKI yang retak. Namun ia mengatakan pihaknya sedang menginventarisasi tanggul yang terdampak banjir.

"Itu sekarang laporan dari lurah, camat itu kita kumpulkan semua. Kita semuanya sedang menginventarisir apa-apa saja yang perlu penguatan," ujar Anies.

[Gambas:Video CNN]

"Karena kalau di Jakarta ini kalau rusak, rusak dalam arti tanggul dan lain lain ada, tapi yang lebih mengkhawatirkan itu yang mulai retak-retak," lanjut dia.

Temuan sementara di lapangan, Anies menyebut DKI sudah menemukan sejumlah kawasan yang retak.

"Kami sudah menemukan di banyak tempat potensi retak-retak yang bila ada tekanan besar, punya risiko. Saya sampaikan ini bukan untuk membuat khawatir, bukan," tegas dia.


Sebagai tindak lanjut, pihaknya akan melakukan pengamanan tanggul yang merupakan aset DKI. Keretakan pun, kata Anies, akan segera diperbaiki.

"Ini untuk menyampaikan bahwa kami mengumpulkan itu semua untuk mengamankan sehingga sesegera mungkin kita lakukan penguatan. Jadi harapannya bisa mencegah kejadian, daripada sudah jebol, baru diperbaiki," tutup dia.

Sebelumnya beberapa tanggul di kawasan Jakarta jebol, salah satunya tanggul Nizam Zahman di Jakarta Utara. Namun, tanggul ini merupakan proyek dari pemerintah pusat.

(CTR/arh)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiaGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vbmFzaW9uYWwvMjAyMDAxMDkxNjA4NTgtMjAtNDYzODc5L2FuaWVzLXRhbmdndWwta2l0YS1idWthbi1qZWJvbC10YXBpLXJldGFr0gEA?oc=5

2020-01-09 10:57:44Z
52781983324936

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies: Tanggul Kita Bukan Jebol, tapi Retak - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.