Search

Kapal TNI AL Ditabrak di Natuna, Menhan Protes ke Vietnam - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu akan menyampaikan protes terkait insiden kapal berbendera Vietnam menabrak lambung kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 di kawasan Laut Natuna Utara, kepada Kementerian Pertahanan Vietnam.

"Nanti akan saya sampaikan. Yang sudah-sudah kan gitu. Jangan diperpanjang," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4).


Ryamizard menilai tindakan pasukan TNI AL sudah benar karena tidak terprovokasi dengan ulah kapal berbendera Vietnam itu. Menurut Ryamizard, lokasi kejadian insiden kapal itu berada di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Kalau dari kami kan Kemhan, tindakan TNI AL sudah benar. Dan itu wilayah ZEE kita, yang nubruk kan dia, tenggelem dia," ujarnya.

Menurut pensiunan jenderal bintang empat itu, kapal berbendera Vietnam semestinya bisa melihat alat GPS untuk mengetahui batas wilayah perairan antarnegara. Ia mengatakan pihak-pihak terkait tak bisa mengklaim soal wilayah tanpa data. "Tinggal lihat GPS, kan sekarang sudah modern, semua orang tahu. Enggak bisa ngaku itu-itu," kata dia.


Sebelumnya, Markas Besar Komando Armada I TNI AL telah memberikan pernyataan resmi bahwa insiden penabrakan kapal berbendera Vietnam benar terjadi.
Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL Letnan Kolonel (P) Agung Nugroho, seperti dikutip Antara, Senin (29/4) mengatakan tindakan kapal berbendera Vietnam menabrakkan kapal itu merupakan bentuk provokasi.
Agung menjelaskan insiden itu terjadi pada Sabtu (27/4) pukul 14.45 WIB di Laut Natuna Utara, yang merupakan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.
"KRI Tjiptadi-381 sedang melaksanakan operasi penegakan hukum terhadap kapal ikan asing berbendera Vietnam bernomor lambung BD 979," kata Agung.

Kapal berbendera Vietnam itu tepergok sedang mencuri ikan di perairan Natuna. Komandan KRI Tjiptadi, kemudian menangkap kapal ikan berbendera Vietnam itu.
Namun, kapal ikan tersebut ternyata dikawal kapal Pengawas Perikanan Vietnam, dan kapal pengawal itu berusaha menghalangi personel TNI AL di KRI Tjiptadi-381. Kapal itu memprovokasi hingga menabrakkan badan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381.
[Gambas:Video CNN] (fra/dea)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190429180331-20-390608/kapal-tni-al-ditabrak-di-natuna-menhan-protes-ke-vietnam

2019-04-29 11:21:31Z
52781581863876

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapal TNI AL Ditabrak di Natuna, Menhan Protes ke Vietnam - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.