Search

Jokowi Punya Chemistry Ibu Kota Pindah di Kalimantan - VIVA - VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo mengaku, dia turun ke lapangan untuk melihat langsung calon Ibu Kota Negara, agar saat memutuskan daerah mana yang pas, berdasarkan firasatnya.

Saat meninjau lokasi calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah, yakni Bukit Nyuling, Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, Jokowi mengaku menemukan feeling itu. "Ketemu, ketemu, ketemu feeling," kata Jokowi, Rabu 8 Mei 2019.

Dari Palangkaraya, Ibu Kota Kalimantan Tengah, Jokowi dan rombongan bertolak menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU. Jokowi pun mengakui beberapa keunggulan yang dimiliki Kalimantan Tengah.

Keunggulan itu seperti luas lahan yang begitu besar. Di Kabupaten Gunung Mas saja misalnya, ada 120 ribu hektare lahan yang disiapkan. Termasuk beberapa lokasi lain jika memang dianggap belum cukup.

"Urusan banjir mungkin di sini tidak, ya kan. Urusan gempa di sini tidak. Tapi kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi, ya kan. Itu juga salah satu pertimbangan-pertimbangan masalah sosial politik, sosiologi masyarakat, semuanya dilihat," jelas Jokowi.

Lihat Juga

Seperti di Kalimantan Timur yang sudah dia lihat, memiliki plus dan minus juga. Di Kaltim bisa saja infrastruktur sudah hampir lengkap. Tetapi kondisi air menjadi kendala juga.

Dia menegaskan, setelah peninjauan langsung ini, akan ada tim yang datang menghitung lagi. Meski sudah punya feeling terhadap Kalimantan Tengah, Jokowi mengatakan masih harus melihat laporan tim yang akan turun setelah ini secara diam-diam.

"Nanti tim besarnya akan diam-diam ke sini lagi. Dihitung kemudian baru setelah matang dan terencana secara detail diserahkan kepada saya. Nah dari situ lah kita memutuskan," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Let's block ads! (Why?)


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1146912-jokowi-punya-chemistry-ibu-kota-pindah-di-kalimantan

2019-05-08 08:40:44Z
52781598106732

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Punya Chemistry Ibu Kota Pindah di Kalimantan - VIVA - VIVA.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.