Search

Terpopuler - Pertemuan G-7 Tanpa Kesepakatan

Terpopuler - Pertemuan G-7 Tanpa Kesepakatan

INILAHCOM, Paris - KTT Kelompok Tujuh (G-7) akan berakhir tanpa komunike bersama untuk pertama kalinya dalam 44 tahun sejarahnya. Kondisi ini setelah Presiden Prancis, Emmanuel Macron memutuskan untuk meninggalkan tradisi dengan menyebut "krisis demokrasi yang sangat dalam."

Ini akan menjadi yang pertama sejak pertemuan dimulai pada tahun 1975 silam. Kali ini, forum telah gagal untuk mengakhiri pertemuan puncak tanpa pernyataan yang disepakati. Hal ini menelanjangi keretakan yang mendalam antara para kepala negara dari tujuh ekonomi terbesar di dunia.

Berbicara kepada wartawan menjelang pertemuan G-7 pada konferensi pers di Paris pada hari Rabu (21/8/2019), Macron mengatakan upaya untuk menghasilkan komunike bersama kemungkinan besar akan menjadi latihan "sia-sia".

Dia merujuk keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik diri dari perjanjian iklim penting yang membatasi upaya global untuk memotong karbon. Sikap Trump ini sebagai salah satu contoh mengapa akan sulit untuk menampilkan front persatuan.

KTT tahunan menyatukan para pemimpin Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. Itu akan diadakan di kota pantai Biarritz di barat daya Prancis dari Sabtu hingga Senin.

Mendapatkan persetujuan pada KTT tahunan telah terbukti semakin sulit dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena presiden AS telah menyatakan preferensi untuk pakta perdagangan bilateral atas perjanjian multilateral.

"Mustahil untuk memprediksi apa yang akan dilakukan AS - kita mungkin akan mendapat beberapa kejutan dari Trump," Agathe Demarais, direktur peramalan global di Economist Intelligence Unit (EIU), seperti mengutip cnbc.com.

"Saya tidak yakin apa yang akan dia lakukan, mungkin Trump juga tidak tahu," kata Demarais, mengutip AS sebagai pengecualian dalam pendekatannya dalam menangani sengketa.

Tahun lalu, pada KTT G-7 di Ottawa, Kanada, Trump membuat proses yang dikelola secara bertahap menjadi kacau.

Presiden AS keluar awal dari pertemuan itu, menolak menandatangani pernyataan akhir kolektif dan terlibat dalam penghinaan pribadi atas perdagangan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

KTT itu tampaknya menunjukkan ikatan yang terjalin antara AS dan sekutu tradisionalnya, dengan satu foto yang tampaknya merangkum perpecahan di dalam ruangan.

Gambar itu, yang muncul di akun Instagram Kanselir Jerman Angela Merkel, menunjukkan para pemimpin dunia berkumpul di sekitar Merkel di satu sisi meja, sementara Trump yang duduk memandang dengan kedua tangan terlipat.

Dari perspektif Prancis, tuan rumah akan "ingin mencoba untuk mengelola G-7 ini sehingga tidak berubah menjadi kekacauan memalukan dengan semua orang berdebat satu sama lain," Constantine Fraser, analis politik Eropa di kelompok riset TS Lombard, mengatakan kepada CNBC melalui telepon.

"Saya pikir itu sangat mungkin" tidak akan ada komunike bersama pada akhir KTT tahun ini, kata Fraser, sebelum menambahkan pernyataan itu sekarang sedikit lebih dari "daun ara yang semakin putus asa."

"G-7 tidak lagi bagi negara-negara terkaya di dunia untuk menunjukkan front persatuan. Dan kurangnya komunike bersama adalah pengakuan di mana kita berada," kata Fraser.

Media Prancis menjuluki pertemuan tahun lalu di Ottawa sebagai "KTT G-6 + 1," mengutip penolakan Washington untuk menandatangani pernyataan akhir.

Bersamaan dengan lingkungan dan perdagangan, analis memperkirakan Brexit, ketidaksetaraan, kemungkinan pemulihan Rusia dan perpajakan universal pada raksasa digital untuk mendominasi proses.

Akhir bulan lalu, Trump memperingatkan dia "mungkin" menampar tarif anggur Prancis sebagai tanggapan terhadap pajak baru negara itu yang memengaruhi perusahaan teknologi.

“Ini adalah topik yang sangat, sangat kontroversial. Prancis ingin mengenakan pajak digital ini tetapi masalahnya adalah kebanyakan raksasa digital adalah orang Amerika," kata Demarais EIU.

Prancis meloloskan biaya 3% pada awal Juli yang akan memengaruhi perusahaan seperti Facebook dan Google. Diharapkan untuk memperoleh sekitar US$28 juta atau lebih dalam pendapatan dari layanan digital di Perancis.

Pemerintahan Trump sejak itu memulai penyelidikan berdasarkan Bagian 301 dari Undang-Undang Perdagangan 1974.

"Prancis telah memutuskan untuk terus maju dengan pajak ini karena mengetahui akan memprovokasi AS. Trump akan marah dan mungkin akan ada pertengkaran besar tentang hal itu," kata Fraser TS Lomabrd.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Pertemuan G-7 Tanpa Kesepakatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.