Search

Usai Deal Ketua MPR, Prabowo Minta 3 Kursi Menteri? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Drama pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia pada Kamis (3/10/2019) malam masih menyisakan cerita. Ini tak lepas dari adanya peran dari Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Singkat cerita begini. Jelang rapat paripurna pemilihan dan penetapan pimpinan MPR RI di ruang rapat paripurna MPR RI, pukul 19.00 WIB, seluruh fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia belum mencapai musyawarah mufakat untuk memilih ketua MPR RI.

Sebanyak delapan fraksi dan kelompok DPD RI telah memilih wakil dari Fraksi Partai Golongan Karya, yaitu Bambang Soesatyo. Sementara Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya tetap berkukuh menyorongkan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR RI.


"Hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dengan Ibu Hajah Megawati Soekarnoputri Presiden kelima RI, maka Bapak Prabowo dan Ibu Megawati bersepakat untuk kepentingan lebih besar. Kami bersepakat untuk terus menjaga MPR dalam forum musyawarah, dalam memutuskan berbagai kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara," kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria.
Setelah itu, Gerindra turut serta ke dalam delapan fraksi dan kelompok DPD RI mendukung Bamsoet sebagai ketua MPR RI. Bamsoet bersama sembilan pimpinan lainnya antara lain Fadel Muhammad dari kelompok DPD RI dilantik sebagai pimpinan MPR RI oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Perubahan sikap Gerindra lantas disinyalir sebagai bagian untuk memuluskan jalan masuk ke dalam koalisi pemerintah Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2019-2024. Hal itu sempat ditanyakan wartawan kepada Muzani selepas seremoni pelantikan semalam.

"MPR adalah alat perjuangan dan sebagai alat perjuangan kita harus pandang ini sebagai alat mencapai tujuan agar beliau (Prabowo) harapkan ada hal-hal lain yang lebih strategis yang akan kita capai nanti," kata Muzani. Apakah hal-hal lain yang lebih strategis itu adalah kursi di kabinet? Muzani menjawab, "Enggak."

(miq/wed)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMibGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAxOTEwMDQxMzI0MjAtNC0xMDQ0NjEvdXNhaS1kZWFsLWtldHVhLW1wci1wcmFib3dvLW1pbnRhLTMta3Vyc2ktbWVudGVyadIBAA?oc=5

2019-10-04 06:38:06Z
52781827557441

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usai Deal Ketua MPR, Prabowo Minta 3 Kursi Menteri? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.