Search

Presiden Iran Ungkap Penyebab Penembakan Pesawat Ukraina - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Iran Hassan Rouhani angkat suara terhadap investigasi militer Iran yang mengakui rudal Iran yang menyebabkan jatuhnya pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine Airlines.

Pesawat dengan nomor penerbangan PS752 ini jatuh di dekat Teheran, Iran setelah dihantam rudal yang disebut-sebut Tor M-1. Presiden Iran menyebut ini sebagai kesalahan manusia atau human error.

Melalui twitter resminya @HassanRouhani, Presiden Iran mengatakan berdasarkan Investigasi internal angkatan bersenjata rudal ini ditembakkan karena kesalahan manusia yang menghantam pesawat komersial milik Ukraine Airlines yang menyebabkan jatuhnya korban 176 orang.


Sebelumnya, Angkatan Bersenjata Iran juga menyebutkan jatuhnya pesawat Ukraine AIrlis disebabkan karena adanya human error dan pesawat tersebut terbang di wilayah yang berdekatan dengan lokasi militer sensitif.

Pihak Angkatan Bersenjata Iran ini menyebutkan pesawat tersebut ditembak jatuh lantaran mengira pesawat tersebut sebagai pesawat musuh. Dalam waktu yang sama, militer Iran tengah berada pada 'kesiapan level tertinggi' di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.


"Dalam kondisi seperti itu, dikarenakan kesalahan manusia dan dalam cara yang tak disengaja, penerbangan itu ditembak," demikian statement militer Iran.

Akibat kesalahannya ini militer Iran telah berjanji untuk memperbaiki kesalahan sistem ini guna mencegah kejadian yang sama terulang kembal. Selain itu, dia juga akan mengadili pihak-pihak yang bertanggungjawab atas penembakan tersebut.

Seperti diketahui, pesawat milik maskapai penerbangan swasta terbesar milik Ukraina ini jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran pada Rabu (8/1).

Pesawat ini rencananya akan terbang dengan tujuan Kiev, Ukraina. Dua menit setelah lepas landas pada 06.12 waktu setempat, pesawat ini itu berada di ketinggian 8 ribu kaki dan berhenti mengirimkan data.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMDAxMTExNTQ2MzItNC0xMjkzNjAvcHJlc2lkZW4taXJhbi11bmdrYXAtcGVueWViYWItcGVuZW1iYWthbi1wZXNhd2F0LXVrcmFpbmHSAQA?oc=5

2020-01-11 08:55:02Z
52781986176403

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Iran Ungkap Penyebab Penembakan Pesawat Ukraina - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.