Search

Terpopuler - Komisioner KPU Wahyu Setiawan Tulis Surat Terbuka

Terpopuler - Komisioner KPU Wahyu Setiawan Tulis Surat Terbuka

INILAHCOM, Jakarta - Lewat keterangan tertulis, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengumumkan pengunduran dirinya dari KPU. Surat tulisan tangan tersebut tersebar di kalangan wartawan pada Jumat (10/1/2020) dini hari.

"Dengan saya telah ditetapkan sebagai tersangka, maka dalam waktu segera saya akan mengundurkan diri sebagai anggota KPU," kata Wahyu dalam surat tersebut.

Dalam kasus ini, Wahyu bersama mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina diduga menerima suap dari Harun dan Saeful yang disebut sebagai seorang swasta. Suap dengan total sekitar Rp 900 juta itu diduga diberikan kepada Wahyu agar Harun dapat ditetapkan oleh KPU sebagai anggota DPR menggantikan caleg terpilih dari PDIP atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia pada Maret 2019.

Wahyu yang telah mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye dan tangan terborgol menyatakan kasus yang menjeratnya ini murni persoalan pribadinya. Wahyu berjanji akan koperatif menjalani proses hukum ini.

"Kejadian ini murni masalah pribadi saya dan saya menghormati proses hukum yang sedang dilakukan oleh KPK," katanya.

Dalam kesempatan ini, Wahyu meminta maaf kepada Ketua, Anggota, Sekjen KPU atas tindakannya menerima suap. Wahyu juga meminta maaf kepada jajaran KPU di seluruh Indonesia.

"Mohon doa semoga saya diberi kesehatan dan kesabaran," katanya.

Setelah menyerahkan surat terbuka dan menjawab pertanyaan awak media, Wahyu kemudian masuk ke mobil tahanan KPK yang telah menunggunya di pelataran Gedung KPK, Jakarta. Tim penyidik memutuskan menahan Wahyu di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Sementara, Agustiani Tio yang juga menyandang status tersangka penerima suap ditahan di Rutan belakang Gedung Merah Putih KPK.

Sedangkan Saeful yang menjadi tersangka pemberi suap ditahan di Rutan Gedung KPK lama. Ketiga tersangka bakal mendekam di sel tahanan masing-masing setidaknya selama 20 hari ke depan. [rok]

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Komisioner KPU Wahyu Setiawan Tulis Surat Terbuka"

Post a Comment

Powered by Blogger.