Search

Seskab: Pertemuan Jokowi dan AHY Samakan Persepsi Soal Hitung Cepat Pilpres - detikNews

Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono untuk menurunkan ketegangan pasca-Pilpres 2019. Pertemuan keduanya juga untuk menyamakan persepsi terkait hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019.

"Pertemuan Presiden dengan tokoh-tokoh apakah itu Mas AHY kemudian yang lainnya yang pertama harus dimaknai sebagai silaturahmi. Yang kedua memang appaun pertemuan seperti ini untuk menurunkan tensi ketegangan yang ada," ujar Pramono saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/5/2019).


Sementara poin ketiga dikatakan Pramono soal quick count. Pramono mengatakan quick count sudah menjadi tradisi sejak Pemilu 2004.
"Ketiga, (pertemuan Jokowi dan AHY) menyamakan persepsi apa yang sebenarnya terjadi dengan hal-hal yang dipermasalahkan, diduga dan sebagainya. Misalnya urusan quick count kan ini sudah menjadi tradisi kita dalam demokrasi sejak tahun 2004 quick count sudah ada," lanjutnya.

Selain quick count yang telah menjadi tradisi sejak pemilu 2004, Pramono juga mengatakan telah ada real count di Situng KPU dan KawalPemilu yang menjadi alat bantu sebenarnya. Dia menyebut quick qount, real count, dan KawalPemilu telah menjadi instrumen yang menunjukkan proses demokrasi di Indonesia semakin dewasa.

"Sehingga dengan demikian, pertemuan-pertemuan Presiden dengan mungkin nanti akan dengan tokoh lain dimaknai untuk melihat perspektif yang lebih luas terhadap hal tersebut," imbuhnya.


Namun, Pramono menyerahkan ke Demokrat saat disinggung apakah Jokowi dan AHY sebagai representasi Demokrat telah memiliki persepsi yang sama terkait hasil hitung cepat Pilpres.

"Ya kalau mau clear (Jokowi dan AHY soal quick count) tanyakan pada Demokrat. Tetapi kan ini instrumen ini digunakan referensi oleh siapapun, termasuk sebenarnya oleh peserta pemilu," tuturnya.

Pramono pun merasa aneh dengan peserta pemilu yang menerima hasil hitung cepat Pileg sementara menolak hasil hitung cepat Pilpres. Untuk itu, dia kembali menekankan pertemuan Jokowi dan AHY untuk menyamakan persepsi hasil hitung cepat Pilpres 2019.

"Pertemuan itu dimaknai silaturahmi, untuk menyamakan persepsi, semakin memperkaya pengatahuan kita tentang demokrasi. Mungkin nanti ada instrumen baru dengan perkembangan teknologi bukan hanya quick count, real count, tetapi ada yang lain yang memperkaya demokrasi kita," imbuhnya.

Simak Juga Video TKN soal Pertemuan Jokowi-AHY: Turunkan Tensi Ketegangan

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/idh)

Let's block ads! (Why?)


https://news.detik.com/berita/d-4534693/seskab-pertemuan-jokowi-dan-ahy-samakan-persepsi-soal-hitung-cepat-pilpres

2019-05-03 07:53:36Z
52781588039553

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seskab: Pertemuan Jokowi dan AHY Samakan Persepsi Soal Hitung Cepat Pilpres - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.