Search

Terpopuler - Investasi China di Luar Negeri Bakal Turun

Terpopuler - Investasi China di Luar Negeri Bakal Turun

INILAHCOM, Beijing - Pertumbuhan investasi luar negeri Tiongkok kemungkinan akan melambat atau bahkan menurun dalam beberapa tahun mendatang.

Alasannya karena risiko geopolitik dan ekonomi di seluruh dunia meningkat, menurut lembaga pemeringkat kredit, Moody's Investors Service.

Dalam sebuah laporan yang dirilis pekan lalu, Moody's mengatakan perusahaan infrastruktur China akan lebih selektif ketika berinvestasi dalam proyek-proyek di luar negeri.

"Investasi luar negeri akan tetap pada tingkat yang solid, tetapi perusahaan akan mengambil pendekatan yang lebih hati-hati untuk investasi ini, terutama di pasar negara berkembang dan perbatasan," tulis para penulis laporan seperti mengutip cnbc.com.

Itu karena "peningkatan kesadaran" tentang risiko, kata mereka.

"Kesadaran ini berasal dari pelajaran - kadang-kadang sulit - perusahaan belajar dari ekspansi cepat sektor ini ke pasar yang muncul dan perbatasan selama beberapa tahun terakhir," menurut laporan itu.

Selama bertahun-tahun, investasi langsung luar negeri Tiongkok tumbuh, didorong oleh program kebijakan pemerintah seperti Belt and Road Initiative.

Proyek itu, kebijakan luar negeri andalan Presiden Xi Jinping, dipandang sebagai upaya Cina untuk memperluas pengaruhnya - dicapai dengan mendanai atau mengambil proyek infrastruktur utama di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang.

Proyek besar ini bertujuan untuk menghubungkan lebih dari 60 negara di Asia, Eropa, Afrika dan Timur Tengah melalui rute darat dan laut.

Investasi langsung luar negeri di Tiongkok melonjak 49,3% pada 2016, diikuti oleh penurunan dua tahun berturut-turut. Ini turun 23% tahun-ke-tahun pada 2017, dan turun 13,6% pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya, kata Moody, mengutip data pemerintah Tiongkok.

Setelah puncaknya pada 2016, pertumbuhan mulai melambat sebagai akibat dari kontrol peraturan dan kondisi likuiditas yang lebih ketat di Tiongkok, menurut Moody.

"Kami percaya pengurangan pada tahun 2018 juga mencerminkan mundurnya perusahaan infrastruktur karena komplikasi mulai muncul dengan investasi yang mereka buat pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya di pasar negara berkembang yang sedang berkembang," kata laporan itu.

"Ada perubahan yang semakin tak terduga dalam sikap pemerintah asing terhadap investor Tiongkok, terutama ketika pemilihan luar negeri membawa perubahan kepemimpinan," tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara seperti Pakistan, Malaysia, dan Sierra Leone mengesampingkan atau membatalkan komitmen yang direncanakan untuk proyek Belt and Road karena berbagai alasan termasuk perubahan politik dan perlawanan dari masyarakat lokal.

Sengketa perdagangan AS-Tiongkok juga "memengaruhi pandangan negara lain tentang investasi oleh perusahaan Cina dan pandangan perusahaan China tentang berinvestasi di negara lain."

Ada Li, pejabat kredit senior di Moody's, mengatakan proyek-proyek BRI juga akan cenderung lambat dalam beberapa tahun ke depan, mencatat bahwa investasi asing langsung untuk paruh pertama 2019 hanya tumbuh 0,1% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, perusahaan milik negara China, yang biasanya berpartisipasi dalam proyek-proyek seperti itu, sekarang mengalihkan fokus investasi mereka dari pasar luar negeri dan kembali ke daratan, kata Li.

"(Ini) untuk mendukung target pertumbuhan PDB negara itu dari 6% menjadi 6,5%," katanya kepada "Street Signs" CNBC pekan lalu.

Namun, investasi infrastruktur di luar China akan tetap pada tingkat yang solid secara keseluruhan, dan perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah di pasar luar negeri, kata Moody.

"Terlepas dari risikonya, investasi ini menawarkan keuntungan finansial dan strategis bagi perusahaan China, yang juga menguntungkan pemerintah dan ekonomi China," kata laporan itu.

"Manfaat ini termasuk meningkatkan profil internasional China, memperluas akses perusahaan China ke pengetahuan industri dan sumber daya alam, dan mendiversifikasi pasar geografis dan aliran pendapatan mereka."
 

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Investasi China di Luar Negeri Bakal Turun"

Post a Comment

Powered by Blogger.