Search

Tiga KRI Usir 30 Kapal Asing dari Natuna - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) mengusir 30 kapal asing dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara.

Berdasarkan rilis Pusat Penerangan TNI, keberadaan 30 kapal asing itu diketahui saat Panglima Komando Gabungan Wilayah I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudho Margono melakukan pemantauan udara di wilayah perairan Laut Natuna Utara, Jumat (10/1).

Pemantauan itu dilakukan dengan menggunakan pesawat Intai Maritim Boeing 737 AI-7301 TNI AU dari Skadron 5 Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Pangkogabwilhan I masih memantau melalui udara, sekitar 30 kapal ikan asing yang masih berada di perairan Indonesia wilayah Laut Natuna Utara," tertulis dalam rilis Puspen TNI dengan autentifikasi dari Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman, Jumat (10/1).

Namun demikian, TNI tak mengungkap asal negara kapal asing yang terdeteksi tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Menindaklanjuti temuan itu, Yudo kemudian memerintahkan tiga KRI, yakni KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359, KRI Jhon Lie 358, untuk menuju lokasi kapal-kapal asing itu.

"Laksdya TNI Yudho Margono menginstruksikan unsur di laut untuk melakukan langkah-langkah pengusiran terhadap kapal-kapal ikan tersebut untuk keluar dari wilayah laut Indonesia hingga keluar dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia," tutur Puspen TNI.

Bentuk operasi yang dilakukan tak berbeda dengan pelaksanan pengusiran sebelumnya yang dilakukan secara persuasif. Yakni, komunikasi dengan coast guard supaya memberitahu kapal-kapal ikannya untuk keluar dari ZEE.

"Tetapi apabila tetap tidak keluar meninggalkan perairan Indonesia maka dilaksanakan penegakan hukum, kapal-kapal tersebut ditangkap dan diproses secara hukum," lanjut rilis tersebut.

Sejauh ini, masih terdapat sejumlah kapal di luar ZEE kurang lebih 5 sampai dengan 10 mil di batas luar ZEE. Armada TNI pun tetap disiagakan di lokasi.

"KRI akan tetap disiagakan operasi patroli laut dan pesawat udara perairan Laut Natuna hingga ZEE untuk mengantisipasi kapal-kapal asing tersebut memasuki wilayah perairan Indonesia lagi," tandas Puspen TNI.

Sebelumnya, TNI menyebut kapal-kapal nelayan China dan Coast Guard China sudah keluar dari ZEEI setelah Presiden Jokowi mengunjungi Natuna.

(arh/asa)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiZ2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vbmFzaW9uYWwvMjAyMDAxMTAyMTMzNDItMjAtNDY0MzU5L3RpZ2Eta3JpLXVzaXItMzAta2FwYWwtYXNpbmctZGFyaS1uYXR1bmHSAQA?oc=5

2020-01-10 14:43:00Z
52781984327958

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga KRI Usir 30 Kapal Asing dari Natuna - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.