Search

Terpopuler - China Tolak Campur Tangan AS

Terpopuler - China Tolak Campur Tangan AS

INILAHCOM, Beijing - Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya "sangat mendesak" AS untuk tetap menjauh dari masalah-masalah domestik negara itu.

Desakan ini setelah Gedung Putih memasukkan daftar hitam perusahaan-perusahaan China karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap minoritas Muslim di wilayah Xinjiang, China barat laut.

"Kami sangat mendesak AS untuk segera berhenti membuat pernyataan yang tidak bertanggung jawab tentang masalah Xinjiang" dan "menghentikan campur tangan" dalam "urusan dalam negeri China, dan menghapus entitas China yang relevan dari daftar entitas sesegera mungkin," juru bicara dari Kementerian mengatakan Selasa dalam sebuah pernyataan, menurut terjemahan Google.

"China juga akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas melindungi kepentingan China sendiri," kata juru bicara itu seperti mengutip cnbc.com.

Komentar itu muncul setelah ketegangan antara AS dan China naik menjelang pembicaraan perdagangan yang sangat dinanti pekan ini. AS pada hari Senin melarang 28 perusahaan China melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan Amerika tanpa diberikan lisensi pemerintah AS karena masalah hak asasi manusia.

Pemerintahan Trump pada hari Selasa memberlakukan pembatasan visa pada pejabat Tiongkok "yang diyakini bertanggung jawab atas, atau terlibat dalam, penahanan dan penyalahgunaan" kelompok minoritas Muslim di Xinjiang.

"Amerika Serikat menyerukan Republik Rakyat Tiongkok untuk segera mengakhiri kampanye penindasannya di Xinjiang, membebaskan semua yang ditahan secara sewenang-wenang, dan menghentikan upaya untuk memaksa anggota kelompok minoritas Muslim Cina yang tinggal di luar negeri untuk kembali ke China untuk menghadapi nasib yang tidak pasti,” Sekretaris Negara Mike Pompeo mengatakan Selasa dalam sebuah pernyataan.

Pasar bersiap-siap untuk pembalasan yang keras karena juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan pada hari Selasa sebelumnya untuk "tetap waspada" bagi China untuk melawan. Laporan-laporan dari China juga mengatakan delegasi China mungkin mempersingkat rencana tinggalnya di Washington dan berangkat pada hari Jumat, mengurangi harapan untuk kesepakatan perdagangan.

Optimisme marah memicu aksi jual di pasar dengan Dow Jones Industrial Average meraup sebanyak 300 poin.

Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times diikuti oleh pasar untuk wawasan tentang perang perdagangan, mengatakan Selasa bahwa China sekarang memiliki "harapan rendah untuk terobosan nyata."

Global Times adalah tabloid di bawah People's Daily, yang merupakan surat kabar resmi Partai Komunis Tiongkok.

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - China Tolak Campur Tangan AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.